UMM dengan Berbagai Unit Bisnisnya

 UMM dengan Berbagai Unit Bisnisnya


Universitas Muhammadiyah Malang salah satu kampus yang memiliki beragam unit usaha mandiri sebagai sumber pendanaan. Usaha yang dijalankan dengan ragam sektor seperti halnya sektor pendidikan, kesehatan, hingga pariwisata. Adapun unit usaha UMM yang dikenal masyarakat luas antara lain :

1. Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang

sumber:ummhospital

Rumah Sakit UMM berlokasi di Jalan Raya Tlogomas No.45 Dusun Rambaan, Landungsari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Lokasi rumah sakit UMM tidak jauh dari Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Malang yaitu tepatnya di sebelah timur terminal Landungsari. Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang mulai dibangun pada tahun 2009. Proses pembangunannya dilaksanakan setelah mendapatkan ijin mendirikan bangunan (IMB) dari Pemerintah Kabupaten Malang melalui unit pelayanan terpadu perizinan Nomor : 180/05989/IMB/421.302/2009. Pada bulan Oktober 2012 RS UMM mendapatkan izin Mendirikan Rumah Sakit dari Dinas Kesehatan Kabupaten Malang dengan Nomor : 503.1/83/421.103/2012. Kemudian pada tanggal 20 Juni 2013 RS Universitas Muhammadiyah Malang mendapatkan Ijin Operasional Rumah Sakit Sementara dengan Nomor : 180/0006/IORS/421.302/2013.

Rumah sakit Universitas Muhammadiyah Malang diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2013 bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 68. Rumah sakit ini merupakan sarana penunjang pendidikan dan merupakan salah satu profit center dari Universitas Muhammadiyah Malang. Berdiri diatas tanah seluas 9 hektare dan memiliki bangunan utama setinggi 6 lantai dan beberapa bangunan gedung penunjang setinggi 5 lantai dan gedung rawat inap setinggi 3 lantai. Bentuk bangunan yang megah dan mewah dengan ciri khas arsitektur tiongkok, menjadikan RS Universitas Muhammadiyah Malang ini mudah dikenali.

2. UMM New BookStore

sumber:myblog

UMM New BookStore berlokasi di Jalan Raya Tlogomas no.246 Malang berdekatan dengan Rayz Hotel UMM. Sesuai namanya, UMM Bookstore menawarkan ragam alat tulis kantor (ATK) lengkap sehingga memudahkan masyarakat khususnya kebutuhan pendidikan siswa dan mahasiswa. 

UMM New Book Store juga menjadi wadah pendistribusian tulisan yang ada di UMM Press berupa buku maupun majalah. Sesuai dengan visi misinya, yaitu sebagai penyedia buku, ajalah, ATK, fancy, hingga merchandise untuk komunitas UMM. Selain itu, di UMM New BookStore juga tersedia Coffee Shop yang dapat dijadikan tempat favorit membaca bagi para pengunjungnya.

3. RAYZ Hotel UMM

sumber: pegipegi.com 

Rayz Hotel UMM ini berlokasi di Jalan Jetis Sengkaling no.1 Jetis, Dau, Malang. Hotel ini menjadi salah satu hotel terkenal di Malang dengan lokasi yang sangat strategis karena menghubungkan 2 kota yaitu Kota Malang dan Kota Batu. Hotel ini mmenjadi bukti nyata kesuksesan usaha UMM. Dilengkapi dengan 152 kamar, 5 villa, dengan fasilitas kolam renang pribadi. Fasilitas penunjang lainnya seperti Gym, rooftop, restoran, ballroom, dan 4 ruang pertemuan. Sebagai penunjang fasilitas-fasilitas tersebut, tidak lupa pemandangan indah yang bisa dinikmati di rooftop dan kamar hotel.

4. Sengkaling Kuliner

sumber:umm

Sengkaling Kuliner atau yang akrab dengan sebutan SeKul di kalangan masyarakat ini berlokasi di Jl. Raya Sengkaling No.188, Sengkaling, Mulyoagung, Kec. Dau, Kabupaten Malang. Salah satu sektor usaha UMM di bidang kuliner dan pariwisata ini cocok untuk hang out bersama keluarga maupun teman. Di sana tidak hanya menjual makanan (terutama khas Malang sehingga bisa dijadikan oleh –oleh), tetapi juga terdapat butik yang menjual pakaian yang berkualitas. Tujuan Taman Rekreasi Sengkaling menyelenggaran Sengkaling Kuliner adalah untuk mengubah image masyarakat luas bahwa Taman Rekreasi Sengkaling sedang akan selalu berubah seiring dengan perkembangan pariwisata di kota Malang dan menjadi taman rekreasi yang modern.

Komentar